Home » Bisnis » Berita Bisnis » Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk TKI
Filed: Berita Bisnis, Kredit | 1449 Views

Setelah sukses meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), pemerintah kembali meluncurkan KUR untuk TKI. Program baru tersebut bertujuan untuk membiayai para TKI dalam proses pemberangkatannya ke luar negeri.

Kebijakan yang diambil pemerintah, lewat Komite Kebijakan KUR melalui tiga langkah, yaitu perluasan ketersediaan dana, perluasan jangkauan agar yang menerima tidak hanya yang itu-itu saja tapi harus aktif untuk cari pihak yang tepat menerima KUR. Yang ketiga adalah tidak membuat peraturan yang kaku dan berbelit-belit.

Untuk mewujudkan program KUR ini, pemerintah menyediakan dana sebesar Rp100 triliun untuk lima tahun. KUR ini dapat dijadikan sebagai modal usaha bagi rakyat. Dengan demikian, akan mampu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan.

Pemerintah meluncurkan program kredit usaha rakyat bagi Tenaga Kerja Indonesia untuk memenuhi pembiayaan yang menjadi tanggung jawabnya dalam proses penempatan ke luar negeri.

Acara yang berlangsung di gedung Grahadi, Surabaya tersebut dihadiri oleh sejumlah menteri antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Ameliasari, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, dan Ketua BNP2TKI Jumhur Hidayat. Hadir juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Direktur BRI Sofyan Basyir dan sejumlah pejabat lainnya.

KUR bagi TKI secara resmi diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Surabaya, Rabu 15 Desember 2010, dalam sebuah acara yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jatim.

KUR bagi TKI memiliki dua skema,
Pertama, KUR Mikro yaitu KUR dengan pagu sampai dengan Rp20.000.000 dikenakan suku bunga kredit/margin pembiayaan maksimal sebesar atau setara 22 persen efektif per tahun.

Skema kedua adalah KUR TKI Ritel dengan pagu diatas Rp20.000.000 dikenakan suku bunga kredit/margin pembiayaan maksimal setara 14 persen efektif per tahun.

Tujuan adanya program tersebut, adalah membantu TKI dalam pembiayaan proses penempatan bekerja di luar negeri. Juga memastikan TKI ditempatkan dengan kontrak yang jelas, haknya dipenuhi dan memeroleh pelayanan yang layak.

Pada tahun 2010 ini, ada tiga bank yang menyalurkan KUR ini yaitu BRI, BNI dan Bank Mandiri. Selanjutnya akan diikuti oleh Bank Tabungan Negara, Bank Bukopin, Bank Syariah Mandiri dan 13 Bank Pembangunan Daerah yaitu Bank DKI, Bank Nagari, Bank Jabar Banten, Bank Jateng, BPD DIY, Bank Jatim, Bank NTB, Bank Kalbar, BPD Kalsel, Bank Kalteng, Bank Sulut, Bank Maluku dan Bank Papua.

Skema penjaminan dilakukan oleh perusahaan penjamin. Sumber KUR TKI 100 persen berasal dari dana Bank Pelaksana. Pemerintah akan menjamin pengembalian KUR TKI melalui perusahaan penjamin sebesar 80 persen, sementara sisanya 20 persen merupakan risiko bank apabila terjadi kemacetan pembayaran angsuran.

Besarnya pinjaman KUR ini dapat diberikan maksimal 100 persen dari biaya penempatan yang mencakup biaya pengurusan dokumen jati diri, pemeriksaan kesehatan dan psikologi, pelatihan kerja dan sertifikasi kompetensi kerja dan biaya lain yang diatur lebih lanjut dengan pengaturan Menakertrans.

Mekanisme penyaluran KUR TKI adalah TKI mengajukan aplikasi KUR TKI kepada Bank dengan dibantu oleh Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) atau dahulu yang disebut PJTKI.

Apabila TKI telah memenuhi persyaratan dokumen yang diperlukan, maka bank dapat menyetujui penyaluran KUR TKI. Bank melakukan kerja sama dengan perusahaan penjamin apabila TKI gagal melakukan pembayaran angsuran kredit.

Jangka waktu KUR TKI ditetapkan maksimal sesuai dengan masa kontrak kerja dan tidak melebihi 3 tahun. Tapi TKI bisa mengajukan permohonan KUR TKI untuk pembiayaan proses penempatan kedua dan selanjutnya apabila belum bankable.

Berbagai sumber

Informasi Bisnis ini dicari dengan kata kunci:

kur tki, KUR untuk TKI, Kredit TKI, Kredit Usaha Rakyat TKI, syarat pengajuan dana kur tki, syarat pengajuan KUR BRI untuk TKI

Dapatkan INFO Terbaru Kami!

Ikuti Kami!

>> December 21st, 2010 5:30 pm
Bergabunglah dalam Program Afiliasi Saudagar-Bugis.com dan DAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH.

Cek, Booking, dan Cetak sendiri tiket pesawat Anda dan dapatkan BONUS

Bisnis ini diperkenalkan oleh Summase, S.Pd. - Makassar - 081355077575